Intel Luncurkan Prosesor Server 32nm Pertama


Intel-Xeon-5600-Series

Intel Corporation baru-baru ini meluncurkan prosesor baru untuk kelas server, yaitu Intel Xeon seri 5600. Prosesor ini menjadi chip server pertama yang berbasis teknologi Intel 32nm. Menggunakan transistor high-k metal gate generasi kedua, Intel menjanjikan peningkatan kecepatan disertai dengan penghematan energi. Selain dua kelebihan tersebut, apa lagi kehebatan dari prosesor baru ini?

Prosesor Intel Xeon seri 5600 mampu mendukung hingga enam inti per prosesor. Kinerjanya pun meningkat sampai 60 persen dibandingkan prosesor Intel Xeon seri 5500.

Di masa yang serba sulit ini, para CIO berusaha keras untuk melakukan penghematan. Ada dua cara yang biasanya mereka lakukan: beli barang kualitas yang lebih rendah dari standar tetapi harga murah atau beli barang dalam jumlah banyak agar mendapatkan diskon. Intel mengklaim kalau Intel Xeon seri 5600 lebih hemat daya. Versi empat inti seri 5600 dengan optimisasi frekuensi dapat dijalankan sampai 3,46 Ghz dengan TDP sebesar 130 watt. Sementara versi enam inti dapat mencapai 3,33 GHz dengan TDP 130 watt. Versi enam inti Advanced dapat mencapai 2,93 GHz dengan TDP 95 watt dan prosesor empat inti standar dapat mencapai 2,66 GHz di 80 watt.

Prosesor Intel Xeon seri 5600 memiliki dua feature keamanan baru, Intel Advanced Encryption Standard New Instructions (Intel AES-NI) dan Intel Trusted Execution Technology (Intel TXT).

Intel AES-NI adalah sebuah set instruksi baru yang pertama kali diperkenalkan pada keluarga prosesor Intel Core 2010 baru. Instruksi-instruksi ini mempercepat kinerja AES untuk mempercepat enkripsi dan dekripsi data untuk banyak aplikasi, seperti feature enkripsi database, enkripsi keseluruhan disk, dan transkasi internet aman.

Intel TXT akan memberikan keamanan untuk cloud environment. Kemampuan berbasis piranti keras yang diintegrasikan dalam prosesor ini memberikan perlindungan terhadap piranti-lunak perusak.

Teknologi seperti Intel Turbo Boost Technology, Intel Hyper-Threading Technology dan Intel Virtualization Technology (VT) juga hadir di prosesor baru ini.

Intel juga mengumumkan ketersediaan Prosesor Intel Core i7-980X terbaru. Prosesor ini hadir dalam edisi ekstrim, merupakan prosesor enam inti yang menggunakan teknologi 32nm dengan komputasi 12 thread. Berjalan pada 3.33 GHz, Intel Core i7-980X memungkinkan untuk di-overclocking bagi anda yang ingin menyesuaikan pengaturan kecepatan.

Prosesor Intel Xeon seri 5600 memiliki kisaran harga dari $387 sampai $1,663. Intel Core i7-980X berharga $999.

sumber: http://chip.co.id/articles/news/2010/03/18/intel-luncurkan-prosesor-server-32nm-pertama/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s