iPad, Perangkat Favorit Kaum Hawa


Survei: Pengguna iPad sering mengunjungi Yahoo Groups, Yahoo Shopping, dan Yahoo Travel.

Apple iPad telah beredar sejak tiga bulan lalu. Lembaga penelitian Resolve Market Research menemukan bahwa iPad, meski dianggap sebagai mainan mahal oleh banyak orang, ternyata cukup menarik perhatian sejumlah besar wanita dan pengguna Apple baru.
Menurut laporan terbarunya, penggunaan Apple iPad oleh kedua segmen itu bahkan lebih dari yang diharapkan. iPad tidak lagi dimanfaatkan sebagai alat baca elektronik (e-reader).
Menurut survei, 49 persen responden pengguna iPad mengaku tidak tertarik untuk membeli e-reader lagi. Yang tak kalah menarik, sekitar 38 persen responden mengaku tidak akan membeli perangkat game portabel, dan sekitar 32 persen mengaku tidak tertarik untuk memiliki laptop atau netbook.
Hal ini diakui sejak mereka menjinjing iPad. Seluruh kebutuhan tersebut kini telah terpenuhi sejak mereka memilikinya. Tak hanya itu, Resolve juga menemukan sekitar 37 persen dari seluruh pengguna iPad adalah pengguna baru Apple.
Jadi, meski cukup sukses dengan iPhone atau iPod di pasar ritel, Apple tampaknya cukup baik dalam memperkenalkan tablet PC-nya itu ke konsumen.
Namun, Apple masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup banyak. Vendor elektronik yang berdiri sejak 1976 itu perlu meyakinkan banyak orang kalau iPad dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan utilitas penggunanya sehari-hari.
Karena, lebih dari separuh responden, tepatnya 55 persen, memandang iPad sebagai mainan yang mahal. Kurang lebih 33 persen lainnya justru memandang lain, yakni terobosan baru. Hanya 28 persen yang melihatnya sebagai perangkat yang mendukung produktivitas.
Menariknya, berdasarkan analisis terhadap pengguna Yahoo, perusahaan besutan Jerry Yang ini mencatat pertumbuhan persentase pengguna wanita dari 34 persen saat diluncurkan menjadi 39 persen sekarang ini.
Pasalnya, dalam tiga bulan terakhir, pengguna iPad yang juga Yahoo! user mengunjungi situs-situs di luar Yahoo, seperti Yahoo Groups (meningkat 28 persen), Yahoo Shopping (meningkat 25 persen), dan Yahoo Travel (naik 22 persen), yang ketiganya cukup mewakili eksistensi kaum hawa.
Berdasarkan usia, menurut Yahoo, pengguna iPad masih didominasi usia 35-44 tahun (28 persen), disusul usia 21-29 tahun (19 persen), lalu 45-54 tahun (17 persen).
Sesungguhnya, sekarang masih terlalu “pagi” untuk membahas iPad. Apple terus memperluas pasar tablet PC-nya tersebut dan mencari tahu apa yang diharapkan konsumen.

Tapi, yang jelas iPad bisa menjadi alternatif bagi segmen pasar penggandrung e-reader, netbook, dan perangkat game portabel.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s