Tablet PC Asus + Android OS = Rp3,5 Juta


Tak hanya relatif murah, tetapi tablet Eee Pad juga akan berbasis sistem operasi Android.

IT – Apple iPad lagi-lagi akan kedatangan “tamu besar” di jagat tablet PC. Asus baru-baru ini mengumumkan kehadiran tiga tablet layar sentuh terbarunya, dua tablet 10 inci dan tablet 12 inci. Menariknya, salah satu tablet PC 10 inci akan hadir dengan sistem operasi Android.

Di dalam keterangan resminya, CEO Asustek Computer Inc, Jerry Shen mengatakan akan meluncurkannya pada Maret 2011 dengan harga miring.

Tak tanggung-tanggung, produsen komputer asal Taiwan itu membanderolnya dengan harga di bawah US$399, atau di setara Rp3,5 juta ke bawah. Tablet Eee PC berbasis Andorid ini hanya salah satu dari beberapa tablet PC yang akan digelontorkan Asus beberapa bulan ke depan.

Sementara model lainnya adalah tablet PC layar sentuh 12 inci akan diluncurkan sekitar bulan Desember mendatang. Kemungkinan untuk satu ini Asus mematoknya dengan harga lumayan mahal, yakni US$1.000 atau setara Rp9 juta per unit.

Alasannya, Shen menuturkan, Asus melengkapi tablet PC satu ini dengan docking station (dudukan) yang dapat ‘menyulap’ tablet menjadi perangkat laptop. Perangkat ini akan dinamakan Eee Pad EP121 dan mengoperasikan sistem operasi Microsoft Windows 7 Home Premium. Ia juga ditenagai prosesor Intel Core 2 Duo.

Sementara harga kurang menarik karena mahal, Shen mengaku akan fokus pada penyempurnaan fitur Eee Pad sebelum diluncurkan agar dapat menandingi Apple iPad. Sayangnya, dia enggan memaparkan lebih detail.

Tablet PC ketiga, bernama EP101TC, akan muncul dengan ukuran layar 10 inci dan berbasis sistem operasi Windows Embedded Compact 7. Ia ditenagai prosesor ARM CPU dengan media storage sebesar 64GB. Harganya akan berkisar di antara US$399 hingga US$499  (Rp3,5 – 4,5 juta). EP 101TC diperkirakan muncul pada Januari 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s