Sitemap XML


Protokol sitemap adalah sebuah standar baru untuk membuat sitemap agar dapat dibaca oleh semua search engine. Hal ini ditambah oleh kesepakatan tiga mesin pencari terbesar, Google, Yahoo dan Microsoft sepakat untuk menggunakan protokol sitemap 0.9. pada November 2006. Bentuk Sitemap adalah file XML yang mendaftar semua URL site kita.

Dengan sitemap pemilik situs dapat memberikan informasi kepada search engine tentang halaman websitenya agar dapat di jelajahi oleh search engine search engine spider /bot. Dengan terindeknya halaman situs kita di serach engine maka akan memabntu navigasi situs dan langakh awal dari  search engine optimization ( SEO ).  Kadang search engine tidak  bisa
Joomla sangat membutuhkan sitemap karena bentuk CMS yang komplek, terutama yang situs Joomla memiilki banyak  konten dan menggunakan berbagai komponen.  Pemakai situs joomla dengan mudah membuat sitemap dengan Komponen Sitemap Generator (dahulu disebut Google Sitemap Generator)  dan secara otomatis membuat juga halaman sitemap untuk memudahkan pengunjung mengetahui isi situsnya.

Adapun komponen yang bisa dipakai  antara lain:

Joomap http://www.koder.de/joomap.html
SEF Service Map http://fun.kubera.org
Run Digital Sitemap http://www.run-digital.com
Joomap Patched Version – Extended Google Output http://www.kangainternet.com

Cara pemakaiannya sangat mudah anda tinggal menginstall seperti komponen pada umumnya, setelah itu silahkan mengedit link-link yang ingin ditampilkan dan diindex oleh serach engine.  Keuntungan pemakai joomla adalah anda bisa membuat lebih dari satu sitemap untuk mengatasi output xml dari component bermasalah, sejauh ini yang saya ketahui google mengizikan memakai lebih dari satu.  Keuntungan lain adalah anda bisa membuat sitemap yang selalu “terbarukan”untuk memudah  pengunjung mengetahui isi situs anda.

Hasil dari Komponen Sitemap Generator link berbentuk xml, langkah selanjutnya adalah memasukan ke search engine :

Untuk MSN yang mempunyai MSN dan Live sampai sekarang saya belum menemukan alamat submit xml sitemap.  Untuk memasukkan sitemap sebelumnya harus memilki account di serach engine itu misalnya  yahoo account dan google account).  Sebelum bisa melakukan submit sitemap biasanya juga diminta meverifikasi kepemilikan situs.  Ada 2 cara dengan mengupload file yang diminta yahoo/google pada root tempat situs itu hosting atau memasukkanya di meta tag dengan code dari search engine (khusus joomla disisipkan di file index,php  pada template yang dipakai) biasanya langsung diketahui verifikasi berhasil atu gagal.

Yang selalu diingat juga selalu membuat title (judul) dan meta description sebagai suatu rangkuman atau kata kunci setiap konten  (jangan pernah dibiarkan kosong)  hal ini akan membantu bots mengindex, mengindentifikasi dan merangking isi situs anda.  Cara paling mudah misalnya dengan google.com ketik “site:alamatsitusanda.com” lihat hasil di hasil pencari serach engine menampilkan diskripsi suatu  konten dengan tepat atau tidak.

http://www.id-joomla.com/referensi/82-sitemap-xml-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s